Kemegahan Istana Balla Lompoa Gowa

sekarangkan hari pahlawan apalagi aku guru sejarah he.. ya minimal cari update an tentang sejarah lah he...
kemarin aku inget bahwa sulatan hasanudin atau "ayam jantan dari timur dulu adalah pahlawan yang gagah berani menentang belanda. nah ini au cuman ambil sedikit dari masa kejayaan nya yang ku ambil dari www.lorongwaktu.com

Kemegahan Istana Balla Lompoa Gowa

Istana yg dibangun pada tahun 1906 oleh Raja Gowa XXXV, I Mangimangi Daeng Matutu Karaeng Bontonompo ini terletak di Desa Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, kurang lebih 30 menit perjalanan dari kota Makassar.

Zaman dahulu istana ini difungsikan sebagai tempat kediaman dan pertemuan para pemangku adat kerajaan Gowa. Sekarang istana ini difungsikan sebagai museum untuk mengenang napak tilas sejarah perjalanan kerajaan Gowa pada zaman keemasannya

Bangunan istana dibuat dengan menggunakan konstruksi kayu ulin/kayu besi dengan design berbentuk rumah panggung sebagaimana rumah khas etnis Makassar. Atapnya terbuat dari sirap dan keseluruhan bangunan istana berwarna coklat tua dan memiliki puluhan tiang penyangga.

Di dalam istana masih tersimpan dengan rapi berbagai perangkat kerajaan serta dokumentasi aktivitas kerajaan di masa lampau. Masuk ke dalam museum qta seolah-olah diajak ikut merasakan suasana kehidupan kerajaan Gowa. Dengan layout istana yg masih sama dengan kondisi sebelumnya dimana meja-meja untuk menjamu tamu kerajaan, singgasana dan mahkota raja serta pakaian yg digunakan oleh keluarga kerajaan masih terawat dengan baik. Kalo mau mencoba pakaian adat juga tersedia fasilitas penyewaan pakaian, cukup merogoh kocek sebesar 20ribu qta sudah bisa menjadi raja sehari dan tentunya kesempatan ini juga sekaligus bisa diabadikan melalui jepretan kamera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Web Hosting